Berbagai Macam effect Gitar Berdasarkan Suara

Berbagai Macam effect Gitar Berdasarkan Suara yang Dihasilkan

Hallo bradda & sistha Seorang gitaris pasti dihadapkan dengan berbagai perangkat gitar yang cukup beraneka ragam yang kemudian harus diramu sehingga menghasilkan sebuah kareakter sound sesuai dengan apa yang diinginkan. Salah satu perangkat dalam gitar terutama gitar elektrik adalah effect yang memiliki beragam fungsi maupun suara yang dihasilkannya, sehingga bisa mendukung permainan gitar seorang gitaris agar lebih baik.

Berbagai Macam effect Gitar Berdasarkan Suara yang Dihasilkan

Namun tentu saja bagi semua gitaris tentu saja pasti tahu macam-macam effect yang sering digunakan dan fungsinya walaupun secara mendasar, mengingat jenis effect sendiri berdasarkan dari fungsinya sangat beraneka ragam yang apabila kita tidak benar-benar orang kaya kemungkinan tidak tahu jenis effect secara keseluruhan.

Namun mungkin ada diantara kita ada yang masih belajar, sehingga belum tahu macam-macam effect secara mendasar yang sering digunakan, sehingga agak kebingungan ketika memasuki studio musik untuk latihan. Oleh karena itu bagi anda yang belum tahu macam-macam effect berdasarkan fungsi dan suara yang dihasilkan, bisa membaca yang dibawah ini.

Distortion :

yaitu sebuah effect gitar yang bisa memecahkan suara sehingga menjadi lebih tajam dan sangat cocok buat anda yang suka memainkan lagu rock dan sejenisnya. Selain itu effect seperti ini juga sangat sering digunakn untuk bagian solo , untuk jenis lagu apapun.

Effect distorsi sebenarnya juga cukup beragam dan yang paling umum adalah Distortion, Overdrive dan Fuzz yang memiliki perbedaan karakter walupun sesungguhnya fungsinya sama.


Delay :


untuk effect yang satu ini bisa menghasilkan suara yang bergema dan memantul, yang bisa disesuaikan timingnya sesuai dengan keinginan kita. Effect seperti ini juga sangat cocok dipadukan dengan distorsi untuk bagian solo gitar yang akan memperpanjang sustain namun pada umumnya dengan seting time delay yang pendek.

Modulation :

effect seperti ini akan memberikan bayang-bayang dari suara aslinya, sehingga akan membuat sound terasa lebih tebal dan lebih bernuansa.

Banyak sekali jenis-jenis effect modulation beberapa diantaranya adalah Chorus yang akan membuat sound gitar menjadi sangat jernis sehingga cocok untuk clean gitar, Flanger yang mengasilkan suara seperti angin, Pitch shifter yang bisa membuat suara gitar menjadi ganda.

selain itu ada juga Octaver yang berfungsi untuk menaikan dan menurunkan nada secara temporal, Humanizer yaitu effect yang menghasilkan suara seperti suara manusia, Wah(auto wah) sebuah effect yang bisa menghasilkan suara yang cukup unik(sekiranya suaranya seperti demikian :Waouw, wouw) dan masih banyak lainnya

Equalizer :

effect yang digunakan untuk mempertajam karakter gitar anda yang cenderung ke arah treble, middle atau bass. Namun untuk effect khusus ini akan memiliki parameter yang lebih detail dibandingkan dengan equalizer pada amplifier.

Reverb :

sebuah effect yang berfungsi untuk mengasilkan suara gaung seperti didalam ruangan atau gedung

Noise Gate :

effect yang digunakan untuk menekan suara ground atau noise yang keluar, sehingga sound akan terdengar lebih bersih. Namun untuk parameter yang berlebihan effect ini juga terasa seperti mengurangi atau memperpendek sustain (durasi suara yang dihasilkan dari gitar)

Sebenarnya masih banyak sekali jenis-jenis effect lainnya, namun untuk yang diatas adalah yang secara umumnya saja. Selain itu sebagai catatan tambahan apabila kita terlalu banyak effect yang digunakan, apalagi jika masih kurang menguasai maka suara yang dihasilkan juga tidak terasa natural.

thumbnail
Judul: Berbagai Macam effect Gitar Berdasarkan Suara
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Berbagai Macam effect Gitar Berdasarkan Suara, music news :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy - Disclaimer
Template Seo Elite oleh Bamz