Jenis-Jenis Bridge Gitar Elektrik dan fungsinya

Mengenal Jenis-Jenis Bridge Pada Gitar Elektrik

Hallo bradda & sistha mari kita juga meninjau bagian gitar yang lain yang juga bisa memberikan pengaruh terhadap karakter permainan gitar anda. Bagian gitar ini adalah Bridge yaitu sebuah perangkat yang berfungsi sebagai pengait dawai pada body gitar.

Mengenal Jenis-Jenis Bridge Pada Gitar Elektrik

Bagian gitar ini memang terlihat sepele jika dilihat dari fungsinya secara mendasar, namun dalam perkembangannya ada beberapa jenis bridge yang menarik untuk kita simak bersama. Bahkan untuk beberapa merk gitar tertentu seperti Fender dan Gibson memiliki rancangan khusus yang bertujuan untuk mempengaruhi tone yang dihasilkan dari gitar tersebut.

Dalam artikel kali ini kami akan membahas 3 jenis bridge gitar yang paling umum dipakai yaitu fixed bridge, down tremolo bridge dan up down tremolo bridge yang pada dasarnya sangat berpengaruh dalam menggunakan teknik Whammy bar.

Fixed bridge

Jika dilihat dari asal katanya fixed memiliki arti tetap, sehingga bridge seperti ini posisinya konstan dan sering digunakan pada beberapa merk gitar seperti Gibson dan PRS. Kelebihan dari bridge jenis ini adalah paling stabil jika dibandingkan dengan jenis lainnya, maksud dari stabil disini adalah ketika bridge mengait dawai atau string pada gitar maka nada dawai gitar tersebut tidak akan mudah turun. Selain itu jika ditinjau dari harganya juga yang paling murah, karena bisa dibilang paling sederhana.

Kelemahan dari bridge ini tidak bisa dipasang Whammy bar sehingga tidak cocok buat anda yang sering memainkan lagu Rock dengan teknik tinggi. Walaupun untuk gitar-gitar diera 60-70an ada juga Fixed bridge yang bisa dipasang Whammy bar, namun untuk penggunaanya sangat terbatas hanya bisa vibrato saja, selain itu menurut kami hal ini seperti memaksakan sehingga kemungkinan bisa membuat gitar cepat rusak. Fixed bridge dengan Whammy bar untuk sekarang sudah sangat jarang untuk bisa ditemukan.

Down tremolo bridge

Bridge seperti ini bisa berubah posisi namun hanya turun saja, sehingga ketika menggunakan teknik dengan Whammy bar maka bisa menurunkan nada secara temporal. Kelebihan dari bridge ini selain bisa menurunkan nada, menurut kami juga terbilang stabil dalam mengait dawai atau string, dan harganya juga cukup terjangkau.

Mengenal Jenis-Jenis Bridge Pada Gitar Elektrik

Kekurangan dari down tremolo bridge adalah masih kurang fleksibel untuk bermain  Whammy bar, terlebih lagi jika anda penggemar beberapa gitaris dunia seperti Steve Vai, Joe Satriani, Eddie Van Halen, dan lain-lain. 

Up down tremolo bridge

Bridge ini memiliki sebutan lain yaitu Floyd Rose Bridge dan Float Bridge yang tidak hanya bisa menurunkan nada saja seperti down tremolo bridge, namun lebih fleksibel karena bisa menurunkan dan juga menaikan nada secara temporal. Sehingga bridge seperti ini posisinya bisa naik turun dengan pengontrol Whammy bar.

Kelebihan dari up down tremolo bridge selain bisa menaikan dan menurunkan nada adalah, bisa digunakan untuk tuning atau stem gitar, bisa lebih leluasa dalam bereksplorasi teknik Whammy bar, dan berdasarkan dari hasil voting dari sebagian besar gitaris yang pernah kami temui berpendapat membuat tone menjadi lebih tebal. Namun selain itu ada juga yang memiliki pendapat yang unik tentang kelebihan dari up down tremolo bridge yaitu membuat gitar menjadi terlihat lebih keren.

Mengenal Jenis-Jenis Bridge Pada Gitar Elektrik

Kekurangan dari bridge ini adalah tuning gitar atau stem gitar mudah berubah sehingga dibutuhkan perangkat tambahan yang bernama locking nut(nut yang bisa dikunci). Jika anda terlalu sering menggunakan teknik Whammy bar terutama menaikan nada maka resiko dawai atau string putus juga akan lebih besar, selain itu masalah yang paling klasik adalah harganya yang mahal.

Itulah tadi jenis jenis bridge dan fungsinya masing-masing, semoga bermanfaat terimakasih.

thumbnail
Judul: Jenis-Jenis Bridge Gitar Elektrik dan fungsinya
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Jenis-Jenis Bridge Gitar Elektrik dan fungsinya, music news :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy - Disclaimer
Template Seo Elite oleh Bamz