Mengenal Bagian-Bagian Gitar Elektrik

Mengenal Bagian-Bagian Gitar Elektrik

Bagi semua gitaris tentu harus tahu nama semua bagian dari gitar, karena jika demikian maka anda juga akan lebih mudah untuk menguasainya dan mengenal fungsingnya. Untuk gitar elektrik memiliki bagian-bagian yang berbeda dengan gitar akustik, namun untuk beberapa bagian juga ada yang sama. Bahkan terkadang walaupun sama-sama gitar elektrik namun dengan merk yang berbeda ada beberapa bagian yang berbeda satu sama lain.

Untuk gitar elektrik secara umum tidak memiliki tabung seperti pada gitar akustik, karena sumber bunyi ditangkap oleh sebuah perangkat yang bernama Pick up yang terbuat dari magnet. Namun walaupun demikian ada juga gitar elektrik yang memiliki tabung sehingga banyak orang yang mengenalnya sebagai gitar akustik eletrik, sehingga sumber bunyinya ditangkap oleh tabung maupun pickup dan karakter yang dihasilkan merupakan perpaduan antara keduanya (nb : gitar ini berbeda dengan gitar akustik yang diberi pick up tambahan).

Sebagai gitaris kami yakin anda semua pasti tahu semua bagian dalam gitar baik elektrik maupun akustik. Namun mungkin juga ada yang belum tahu secara lengkap mengenai semua bagian-bagian gitar, oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan sedikit membahas tentang bagian-bagian gitar elektrik maupun fungsinya .



Bagian-bagian Gitar Elektrik mulai dari yang paling atas :

  • 1.Headstock : sesuai dengan namanya Head jika diartikan adalah kepala, sehingga bagian ini adalah kepala dari gitar dan fungsinya adalah sebagai tempat untuk Tuning ditanamkan.
  • 2.Tuners/tuning :  adalah bagian dari gitar yang berfungsi sebagai penyetem gitar atau tuning gitar, sehingga bagian ini bisa digunakan untuk menaikan-menurunkan nada.
  • 3. Nut : yaitu sebuah perangkat untuk bersandarnya dawai atau string, sehingga tetap terjaga kerapatannya antara string satu dengan yang lain. Ada dua jenis Nut yaitu tanpa pengunci dan dengan pengunci yang disebut sebagai string locking bridge. Untuk yang dengan pengunci memiliki kelebihan bisa mengunci string agar tuningnya tidak mudah berubah, atau nada akan lebih konstan
  • 4. Fret : sebuah logam yang terbuat dari baja, yang berfungsi membagi fingerboard menjadi beberapa kolom yang bisa menghasilkan nada yang berbeda.
  • 5. Fingerboard : secara asal kata jika diartikan adalah papan jari, sehingga tentu saja fungsinya adalah tempat untuk meletakan jari agar bisa menghasilkan nada yang dinginkan.
  • 6. Neck : neck sendiri jika diartikan adalah leher, sehingga ini adalah lehernya gitar yang terdiri dari beberapa bagian yaitu Fingerboard, Fret, Nut, tuners.
  • 7. Strings : adalah dawai gitar yang merupakan sumber bunyi utama dari  gitar
  • 8. Body : merupakan tubuh gitar yang pada umumnya tebuat dari kayu, yang juga berpengaruh pada kualitas dan karakter sound gitar
  • 9. Amp cable connector : berfungsi untuk mengkoneksikan antara gitar dan amp maupun effect
  • 10. Volume & Tone control : pengatur besar kecilnya volume dan tone pada gitar
  • 11. Pickup selector switch : saklar pengatur untuk mengaktifkan pickup mana yang akan digunakan.
  • 12. Pickups : perangkat gitar yang memiliki fungsi menangkap getaran dawai dan merubahnya menjadi sinyal elektrik, sehinga kemudian bisa mengeluarkan bunyi pada perangkat penguat suara.
  • 13. Whammy bar : sebuah aksesoris pada gitar elektrik yang berupa tuas dan berfungsi sebagai pengatur modulasi getaran dawai, sehingga bisa menaikan dan menurunkan nada secara temporal dan juga bisa untuk teknik vibrasi.
  • 14 Bridge :  merupakan tempat untuk menahan dawai pada body gitar, dan juga sebagai tempat untuk memasang whammy bar. Bridge seperti ini dalam perkembangannya ada beberapa jenis yaitu fixed bridge, up down tremolo bridge, down tremolo bridge yang memiliki kelebihan masing-masing.
Itulah tadi bagian-bagian Gitar Elektrik yang bisa saya beritahukan kepada teman-teman semua, semoga bermanfaat. terimakasih
thumbnail
Judul: Mengenal Bagian-Bagian Gitar Elektrik
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Mengenal Bagian-Bagian Gitar Elektrik, Tips :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy - Disclaimer
Template Seo Elite oleh Bamz