Cara Seting Stereo Amp Pada Gitar

Stereo Amp

Cara Seting Stereo Amp Pada Gitar
Stereo Amp
Hallo bradda & sistha Pada umumnya kita menseting gitar sebagai input dan amp speaker sebagai output, dimana jumlah output hanya satu atau sering disebut sebagai mono. Namun tahukah anda jika output pada gitar sebenarnya juga bisa diseting lebih dari satu atau sering disebut sebagai stereo amp speaker, sehingga satu gitar sebagai input bisa mengeluarkan dua output atau lebih pada amp speaker.

Hal ini sebenarnya mudah untuk dilakukan dengan bantuan effect digital dari berbagai merk dan seri, maupun effect analog stombox yang memiliki 2 lubang output(L/R) sehingga bisa dikoneksikan dengan 2 amp sekaligus. Jika anda pemilik effect digital, pada umumnya 2 lubang output stereo tersebut berada disamping depan, sedangkan untuk effect stombox dengan jenis tertentu pada umumnya berada disamping kiri. Jika anda ingin mencobanya anda tinggal memasang dua kabel output, kemudian dikoneksikan pada 2 amp speaker berbeda, dalam catatan untuk kabel yang terpasang pada gitar atau input tetap hanya satu. 

Banyak sekali kelebihan yang bisa anda rasakan jika anda menseting stereo amp untuk gitar, beberapa diantaranya adalah suara lebih tajam, tone lebih tebal, karakter sound lebih jelas, dan hebatnya lagi anda bisa mengkombinasikan 2 amp dengan merk dan seri yang berbeda sehingga mampu menghasilkan perpaduan karakter dari 2 merk amp yang berbeda tersebut menjadi satu karakter sound yang bisa anda eksplorasikan.

Cara Seting Stereo Amp Pada Gitar
Namun beberapa hal yang harus tetap diperhatikan jika anda menseting amp stereo seperti ini adalah, balance dari kedua amp tersebut, karena pada umumnya walupun menggunakan 2 amp untuk 1 gitar, hanya 1 amp saja yang akan lebih dominan. Sehingga anda harus lebih jeli dalam menseting kedua amp tersebut, jika ingin kedua amp speaker yang anda gunakan mengeluarkan suara yang tetap balance. Terlebih lagi ketika anda berada diatas panggung yang terdapat sound luar yang diluar kendali kita, sehingga bisa dibilang akan lebih ribet dan tentu akan lebih baik apabila kita mengkonfirmasikan terlebih dahulu dengan pihak operator sound luar, apabila kita menggunakan amp stereo. 

Hal seperti ini sudah sangat umum dilakukan oleh para gitaris profesional apalagi para gitaris dunia, bahkan mungkin anda sendiri  juga sudah terbiasa dengan seting stereo seperti ini. Namun jika ada diantara anda yang belum pernah merasakan stereo amp, ada baiknya sesekali mencobanya dan bandingkan hasilnya, pasti seting amp stereo akan jauh lebih mantab dibandingkan dengan mono, sehingga tidak heran jika banyak gitaris profesional maupun amatir yang ketagihan dengan seting seperti ini. 

Satu tambahan lagi, mungkin ada diantara anda yang tidak menemukan dua lubang output (output stereo) pada effect gitar yang anda miliki atau dengan kata lain effect anda hanya terdapat output mono (satu lubang output). Hal ini masih bisa diatasi dengan bantuan jack mic dengan output stereo yang banyak dijual ditoko elektronika dengan harga yang murah kisaran Rp.7.000-Rp.10.000 saja. Jika anda sudah memilikinya tinggal ditancapkan pada lubang output pada effect gitar, kemudian baru menancapkan 2 kabel agar bisa dikoneksikan dengan 2 amp speaker.

Itulah tadi Cara Seting Stereo Amp Pada Gitar, semoga bermanfaat buat bradda & sistha.
thumbnail
Judul: Cara Seting Stereo Amp Pada Gitar
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Cara Seting Stereo Amp Pada Gitar, music news, Tips :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy - Disclaimer
Template Seo Elite oleh Bamz