Tips Mengenal Teknik Violining Pada Gitar


Tips Mengenal Teknik Violining Pada Gitar

Hallo bradda & sistha Dalam permainan gitar terutama elektrik banyak beragam teknik yang kita kenal dan salah satunya adalah apa yang sering disebut-sebut sebagai teknik Violining. Sudah tentu anda seorang gitaris pasti sangat mengenal teknik ini karena teknik ini bisa dibilang atraktif namun tetap tidak meninggalkan esensi kenaturalan dalam permainan gitar elektrik. Selain itu jika dilihat dari namanya Violining sendiri berasal dari kata violin yang memiliki arti biola, sehingga bisa dibilang teknik ini adalah teknik bermain gitar agar berbunyi seperti biola.

Tips Mengenal Teknik Violining Pada Gitar
violining
Secara garis besar teknik Violining adalah sebuah teknik gitar yang memanfaatkan parameter volume, yaitu menghasilkan bunyi gitar yang terdengar unik dengan mematikan volume suara kemudian menghidupkannya secara perlahan. Dengan cara tersebut bunyi yang dihasilkan akan terdengar cukup mirip dengan suara yang dihasil oleh gesekan alat musik biola. Sehingga dengan teknik seperti ini tentu saja juga akan menambah nuansa permainan gitar anda agar terdengar lebih indah, walaupun kita memainkan lagu-lagu bergenre rock. 

Konon kabarnya teknik Violining seperti ini pada awal mulanya diciptakan oleh seorang George Harrison, yaitu gitaris dari band super legendaris The Beatles. Namun sayangnya kami belum menemukan informasi yang akurat mengenai hal tersebut, karena kami tidak menemukan sumbernya secara tertulis. 

Beberapa gitaris dunia yang sering memainkan teknik seperti ini adalah Yngwie Malmsteen, Eddie Van Halen, Vito Brata (Ex White Lion) dan lain-lain. Jika anda ingin tahu beberapa lagu dari mereka yang menggunakan teknik Violining adalah intro lagu Vengeance dari Yngwie (beberapa lesson Yngwie juga banyak di Youtube), Cry For Freedom dari White Lion, I Cant Stop Loving You dari Van Halen pada bagian interlude atau solo melodinya.

Teknik Violining bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan knob volume gitar atau juga bisa dengan pedal volume gitar (baik analog, maupun pada pedal pada effect digital). Jika anda ingin melalukannya dengan knob volume, cukup lakukan dengan jari kelingking, yaitu petik salah satu nada namun volume posisi off, kemudian hidupkan dengan jari kelingking secara perlahan memutar knob volume tersebut. Namun jika anda ingin melakukannya dengan pedal volume, juga hampir sama akan tetapi menggunakan kaki, yaitu tekan salah satu nada dan pedal dalam posisi off kemudian injak perlahan pedal volume.

Berikut adalah sedikit tips dalam teknik Violining gitar yang bisa anda coba :


  • Lebih baik gunakan effect distorsi dan delay yang agak panjang, sehingga suaranya akan lebih jelas.
  • Ketika anda secara perlahan menghidupkan parameter volume (baik menggunakan knob atau pedal), lebih baik jika diikuti dengan teknik vibrato untuk jari kiri yang menekan fingerboard.
  • Gunakan potensio volume gitar dengan ukuran yang lebih besar (minimal 500k atau lebih besar lebih baik sesuai dengan selera). Karena jika anda menggunakan potensio yang lebih besar maka parameter volume akan lebih dalam, sehingga akan lebih nyaman dan mudah untuk teknik Violining.
  • Sebagai tambahan jika anda menggunakan effect digital, jangan lupa seting pedal menjadi pedal volume.

Demikianlah tadi Tips Mengenal Teknik Violining Pada Gitar, terimakasih sudah mengunjungi blog ini semoga bradda & sistha mendapatkan pelajaran.
thumbnail
Judul: Tips Mengenal Teknik Violining Pada Gitar
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Tips, Tips Mengenal Teknik Violining Pada Gitar :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy - Disclaimer
Template Seo Elite oleh Bamz