Tips Mengetahui Teknik Pinch Harmonic Pada Gitar

Mengetahui Teknik Pinch Harmonic Pada Gitar

Tips Mengetahui Teknik Pinch Harmonic Pada Gitar
pick
Hallo bradda & sistha Terkadang kita mendengar seseorang yang bermain gitar terutama gitar elektrik, ketika pada bagian solonya sesaat ada suara yang dihasilkan gitar tersebut terdengar melengking sangat tinggi dan juga terdengar sangat keren. Teknik seperti ini dinamakan sebagai Pinch Harmonic yang juga sering digunakan oleh dewa-dewa gitar dunia seperti Eddie Van Halen, John Petrucci, Joe Satriani, Dave Sabo dan Scotti Hill (Skid Row) dan masih banyak lainnya.

Secara harfiah kata "pinch" sendiri merupakan bahasa Inggris yang apabila diartikan adalah mencubit, sehingga dalam hal ini mungkin dinamakan demikian karena teknik ini menghasilkan bunyi harmoni pada gitar dengan cara seperti mencubit. Uniknya lagi bagi para gitaris di era 80-90an teknik seperti ini lebih banyak orang mengenalnya sebagai teknik Choking (baca cuking), dan dianggap sebagai salah satu variasi teknik yang cukup sulit untuk bisa dilakukan. Hal ini mungkin dikala itu masih sedikit orang yang memiliki gitar dengan kualitas bagus, sehingga teknik ini cukup sulit untuk dilakukan, apalagi effect distorsi dimasa itu juga tidak setebal effect distorsi jaman sekarang.

Secara mendasar teknik Pinch Harmonic bisa dilakukan dengan cara memetik dawai gitar secara downstroke, kemudian secara temporal pada sisi ibu jari tangan kanan menyentuh sedikit dawai yang dipetik. Dengan cara tersebut sehingga akan menghasilkan suara yang melengking dan juga terdengar sangat keren, bahkan mungkin juga mampu menarik perhatian penonton(waduh narsis).

Sebenarnya teknik seperti ini memang simpel sehingga kami yakin anda semua sebagai gitaris sudah biasa melakukannya, bahkan terkadang teknik Pinch Harmonic juga bisa terjadi secara reflek atau mungkin juga bisa terjadi karena tidak sengaja ketika anda bending kemudian dawai atau string secara tidak sengaja tersentuh sisi ibu jari.

Pinch Harmonic akan lebih baik jika dilakukan dengan gitar elektrik dan menggunakan effect distorsi, selain itu untuk melakukan teknik seperti ini jika anda secara reflek ketika downstroke kemudian sisi ibu jari menyentuh dawai akan lebih terasa lagi jika jari kiri secara reflek juga melakukan teknik bending dan vibrato sehingga suaranya akan lebih nyaring dan melengking.

Pinch Harmonic akan lebih mudah jika dilakukan pada dawai atau string nomor 1 sampai 3, namun tidak lepas dari hal tersebut juga tetap mungkin untuk bisa dilakukan pada dawai nomor 4 sampai 6. Sedikit tip jika anda melakukan teknik seperti ini pada dawai nomor 1 sampai 3 lebih baik diikuti teknik bending pada jari kiri dengan cara naik keatas. Sedangkan untuk dawai nomor 4 sampai 6 lebih baik diikuti bending menurun.

Sumber Gambar :
http://generaguitar.weebly.com/1/post/2011/6/pinch-harmonics-technique.html
thumbnail
Judul: Tips Mengetahui Teknik Pinch Harmonic Pada Gitar
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Tips, Tips Mengetahui Teknik Pinch Harmonic Pada Gitar :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy - Disclaimer
Template Seo Elite oleh Bamz