Kelebihan & Kekurangan Gitar Akustik dan Elektrik

Kelebihan & Kekurangan Gitar Akustik dan Elektrik

Kelebihan & Kekurangan Gitar Akustik dan Elektrik

Hallo bradda & sistha Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, alat musik ini menjadi salah satu alat musik yang paling digemai oleh masyarakat dunia dari berbagai kalangan. Sumber suara dari alat musik ini adalah getaran dari dawai (string/snar) yang ditangkap oleh media tertentu sebagai pengeras suarnya. Oleh karena itu secara umum saja berdasarkan dari media untuk menangkap getaran dari dawai, gitar dibagi menjadi dua jenis yaitu Gitar Akustik dan Gitar Elektrik.

Kedua jenis gitar tersebut tentu memiliki karakter suara yang berbeda sehingga akan sangat berpengaruh dengan gaya permainan orang yang memainkannya, selain itu juga berpengaruh terhadap genre musik yang sangat amat beragam yang ada didunia ini. Berkaitan dengan hal tersebut kami akan membahas perbedaan dari kedua jenis gitar tersebut baik dari segi kelemahan maupun kelebihan masing-masing.

Gitar Akustik


Gitar akustik adalah sebuah gitar yang memiliki bodi berlubang (hollow body) atau tabung resonansi yang berfungsi untuk media mengeraskan suara dari dawai yang dipetik. Gitar seperti ini konon sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu dengan berbagai bentuk yang beragam dan kemudian terus berevolusi hingga menjadi gitar-gitar akustik dengan bentuk seperti sekarang ini.

Kelebihan dari gitar akustik yang paling menonjol tentu saja gitar seperti ini memiliki karakter suara yang paling natural, sehingga menghasilkan suara yang lebih indah dan lembut. Oleh karena itu gitar seperti ini sangat cocok untuk lagu-lagu yang berirama dengan tempo rendah (slow) hingga sedang termasuk lagu pop, jazz, keroncong, klasik hingga lagu tradisional. Selain itu gitar seperti ini juga lebih ringan jika dibandingkan dengan gitar elektrik sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana, harganyapun secara umum juga lebih murah.

Kekurangan dari gitar akustik adalah hanya musik-musik dengan genre tertentu saja yang cocok untuk dimainkan dengan gitar seperti ini. Selain itu pada perkembangannya teknik permainan gitar akustik juga terkesan terbatas atau dengan kata lain teknik-teknik gitar akustik sulit untuk dikembangkan.

Sound gitar akustik juga sulit untuk diekplorasi walaupun sudah menggunakan effect tambahan maupun amp speaker tertentu, namun sound terkesan monoton atau tidak banyak berubah. Jumlah fret pada gitar akustik juga lebih sedikit sehingga jangkauan nada lebih sedikit 

Gitar Elektrik

Gitar Elektrik adalah sebuah gitar dimana media yang digunakan untuk menangkap getaran dawai adalah berupa magnet (yang disebut pickup gitar), dimana pickup tersebut bisa diaktifkan melalui aliran elektrik yang kemudian mengirim sinyal getaran dawai ke speaker pengeras suara. berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan konon kabarnya gitar seperti ini mulai diperkenalkan sejak era 1930an.

Kelebihan gitar elektrik adalah cocok untuk memaikan beragam genre musik termasuk pop, jazz, blues, country, reggae, metal, rock dan lain-lain, karena seperti kita ketahui gitar seperti ini mudah untuk dirubah jenis suaranya dengan adanya beragam effect sehingga akan lebih fleksibel atau mudah menyesuaikan dengan genre musik tertentu.

Teknik gitar elektrik juga jauh lebih atraktif jika dibandingkan dengan gitar akustik, bahkan akan terus berkembang. Selain itu fret juga lebih banyak sehingga jangkauan nada lebih lebar dan eksplorasi sound juga lebih luas dengan banyaknya macam-macam effect maupun amp yang ada dipasaran.

Kekurangan gitar elektrik adalah terkadang dengan beragamnya effect menjadikannya suara tidak natural dan terkesan digital yang membuatnya tidak lagi mirip dengan suara gitar. Gitar elektrik tidak mampu menghasilkan suara yang jelas tanpa adanya bantuan speaker, sehingga alat musik seperti ini pada umumnya membutuhkan perangkat tambahan yang banyak untuk menghasilkan sound yang baik. Oleh karena itu alat musik ini cenderung jauh lebih mahal ditambah lagi perangkat-perangkat pendukunganya termasuk effect.

Demikianlah tadi Kelebihan & Kekurangan Gitar Akustik dan Elektrik , semoga dapat bermanfaat bagi bradda & sistha sekalian terimakasih.
thumbnail
Judul: Kelebihan & Kekurangan Gitar Akustik dan Elektrik
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Kelebihan & Kekurangan Gitar Akustik dan Elektrik, music news, Tips :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy - Disclaimer
Template Seo Elite oleh Bamz